Saturday, November 26, 2022

Cara Mengecek Tagihan Listrik Pasca Bayar Online Di HP

1. Pastikan sudah terinstall aplikasi OVO di Smartphone Android yang anda gunakan. 2. Pastikan anda sudah memiliki akun OVO dan sudah masuk pada aplikasinya menggunakan akun tersebut. 3. Silahkan buka aplikasi OVO yang terdapat pada Smartphone yang anda gunakan. 4. Pada menu utama aplikasi tersebut, silahkan ketuk PLN untuk melakukan transaksi listrik PLN. 5. Pada menu selanjutnya silahkan ketuk Tagihan Listrik untuk cek tagihan listrik PLN pasca bayar. 6. Setelah itu silahkan masukkan id pelanggan atau nomor rekening listrik anda pada kolom yang tersedia. 7. Jika sudah memasukkan Id pelanggan dengan benar, silahkan ketuk Lanjut ke Pembayaran. 8. Setelah itu maka akan ditampilkan jumlah tagihan listrik berdasarkan penggunaan anda bulan lalu pada bagian Jumlah Tagihan. Setelah mengetahui tagihan listrik dengan melihat informasinya di aplikasi OVO, anda juga dapat langsung melakukan pembayaran jika saldo OVO mencukupi. Perlu diketahui bahwa tagihan listrik akan keluar dan dapat dicek menggunakan cara-cara di atas setiap awal bulan, yaitu mulai tanggal 2. Jika mengeceknya pada tanggal 1, maka tagihan listrik anda kemungkinan besar belum tersedia. Itulah cara mudah cek tagihan listrik PLN pasca bayar secara online menggunakan aplikasi di HP. Silahkan gunakan cara ini agar anda dapat mengetahui nominal yang harus dibayarkan berdasarkan penggunaan listrik bulan lalu. Dengan demikian anda tidak usah lagi pergi ke loket listrik hanya untuk memeriksa tagihan tersebut.

Caranya yaitu dengan membeli token listrik. Konsep token listrik sama seperti isi ulang pulsa pada HP. Meteran listrik dapat diumpakan seperti sebuah HP, sedangkan token listrik diumpamakan seperti pulsa HP. Tanpa pulsa atau token listrik tersebut, listrik tidak akan bisa menyala. Token listrik dapat dibeli di berbagai tempat, misalnya ATM bank dan minimarket. Pembelian juga dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi Android dan sejumlah situs belanja online. Untuk kali ini, kami akan memberikan panduan mengenai cara membeli token listrik di Bukalapak, sebuah situs belanja online terkemuka di Indonesia. 1. Buka aplikasi Bukalapak kemudian ketikkan token pada kolom pencarian. 2. Masukkan nomor pelanggan / meteran listrik anda setelah itu pilih nominal token listrik yang diinginkan. 3. Cek dulu apakah nomor pelanggan / meteran sesuai dengan nama lengkap pemilik rumah, jika sudah oke silakan pilih Bayar. 4. Pilih Metode Pembayaran yang anda inginkan. Saya biasanya kalau belanja online sering pakai Virtual Account BNI (bisa jadi berbeda dengan anda ya).

Untuk cek arus, silahkan tekan kode “44“, lalu “Enter”. Apabila hasilnya muncul angka 00 atau tidak terbaca maka kWh meter rusak. Setelah melakukan beberapa cara di atas dan tidak ditemukan kendala, maka jangan senang dulu. Anda mesti harus memastikan kembali jika token benar-benar berkurang dengan melakukan beberapa tindakan seperti pada ulasan di bawah ini. Nah, setelah melakukan dua tindakan di atas dan didapati jika token tidak berkurang maka Anda perlu melakukan tindakan di bawah ini untuk mengatasinya. Caranya mengatasi token meteran tidak berkurang sebenarnya cukup simpel, dimana Anda hanya perlu melapor ke pihak PLN agar meteran diganti dengan yang barus. Dimana, saya harus melaporkan permasalahan ini? Buat pelaporan dan jelaskan secara detail permasalahan yang terjadi. Setelah itu, Anda tinggal menunggu petugas datang untuk mengecek meteran listrik. Meteran listrik token tidak berkurang harus segera dilaporkan, karena ini bisa berakibat fatal yang sangat merugikan. Dimana ketika token tidak berkurang, namun Anda tidak segera melaporkannya kepada petugas PLN. Maka nantinya pihak PLN akan menagih penggunaan listrik yang dihitung dari waktu terakhir kali Anda mengisi token. Misalkan token tidak berkurang selama 5 bulan dan biaya penggunaan listrik Anda sebesar Rp. 100.000 per bulannya, maka saat ditagih Anda harus membayar sebesar Rp. Tentu saja hal itu sangat merugikan. Demikianlah informasi dari kami, semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda semua.

Meteran Listrik Error 27 ? Meteran Listrik Error 27 - Kesalahan pada pemasangan instalasi listrik ataupun kerusakan pada meteran dan semua hal berkaitan dengan listrik rumah, biasanya akan memunculkan kode-kode tertentu. Setiap kode error yang muncul pada meteran pascabayar (token) listrik umumnya menjadi indikasi adanya kesalahan. Kode error meteran listrik akan muncul karena ada hak yang menyebabkan kondisi yang tidak berfungsi normal, itu mungkin adanya indikasi kerusakan, konsleting, komponen rusak. Banyak orang mengalami error 27 dan sebagian besar dari mereka kebingungan dengan yang terjadi pada meter listriknya, apa penyebab error tersebut dan apa tindakan yang harus di ambil untuk mengatasinya? Nah, jika Anda mengalami hal serupa yaitu meteran listrik error 27, maka artikel ini harus Anda baca. Sama seperti meteran listrik error 26, error 27 muncul tentu saja ada hal yang menjadi penyebabnya. Hal ini dapat dipastikan mengingat segala kerusakan yang terjadi pada meteran listrik rumah tentu saja memiliki penyebab tertentu. Penyebab mengapa meteran listrik error 27 yaitu karena tegangan listrik rumah tersebut drop, bisa jadi karena kabel ngefong di atas rumah sampai tower atau terlalu banyak cabang maupun rumah terlalu jauh dari tiang dan mungkin juga bisa disebabkan karena trafo maupun tap tranfo terlalu rendah.

Penyebab pertama mungkin bisa terjadi karena pada proses pengisian Token Listrik pelanggan lupa menekan tombol Enter di meteran. Jika demikian, meskipun nomor Token yang diisikan sudah sesuai, tetap saja pulsa tidak akan masuk. Biasanya hal semacam ini dialami oleh para pelanggan baru yang sebelumnya menggunakan meteran Pasca Bayar. Sedangkan untuk penyebab kedua dari masalah gagal isi Token Listrik adalah sedang adanya gangguan maupun update pada sistem penggunaan meteran Prabayar. Jika terjadi demikian, maka transaksi isi ulang pulsa Listrik bakal tertunda sementara waktu hingga proses Maintenance berakhir. Terakhir, gagal isi Token Listrik juga bisa disebabkan oleh adanya permohonan pelanggan yang belum terselesaikan. Misal, kalian sedang membuat pengajuan tambah daya dan sejenisnya. Namun sebelum proses pengajuan selesai, kalian melakukan pembelian Token Listrik, maka proses pengisian bisa dipastikan akan gagal. Sampai disini kalian sudah mengetahui beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab gagal isi Token Listrik. Dengan begitu, kalian pasti ingin tahu seperti apa cara mengatasi masalah tersebut. Cara pertama adalah memasukkan nomor Token Perbaikan yang diperoleh dari petugas PLN.

No comments:

Post a Comment